Walt Anderson, Pendiri & CEO

Lahir dan dibesarkan di wilayah Washington D.C., Walt Anderson telah menciptakan dan mendukung banyak organisasi inovatif di seluruh Amerika Serikat selama masa jabatannya selama puluhan tahun di industri telekomunikasi dan ruang angkasa. Walt Anderson, yang juga dikenal dengan Walt Anderson atau Walt C. Anderson, memantapkan dirinya di awal karirnya, dengan kegigihan dan visi yang telah menghasilkan rekam jejak kesuksesan.

Saat ini, Walt Anderson menjabat sebagai Pendiri & CEO Avealto, sebuah perusahaan berbasis di Inggris yang misinya adalah membiayai, membangun, dan mengoperasikan armada Platform Ketinggian Tinggi (HAP). Avealto membayangkan ratusan stratosfer tanpa awak, platform telekomunikasi durasi panjang untuk menyediakan telepon seluler, komunikasi broadband, backhaul, penyiaran, dan muatan yang dihosting lainnya. HAP Avealto akan berintegrasi mulus dengan infrastruktur komunikasi yang ada untuk menyediakan konektivitas berbiaya rendah untuk wilayah yang kurang terlayani di dunia, operator seluler, dan untuk pelanggan dunia maritim dan aeronautika.

Walt Anderson telah membantu menghasilkan lebih dari US$2,1 miliar nilai pemegang saham bagi perusahaan. Avealto menyelesaikan pengujian kelayakannya terkait dengan kendaraan Platform Ketinggian Tinggi. Mereka diberikan Sertifikat Kelaikan Udara dari Administrasi Penerbangan Federal AS pada Agustus 2018 terkait dengan kendaraan uji 28 meter (96 kaki). Perusahaan ini sekarang berada dalam tahap akhir pengembangan untuk demonstran Konsep komersial ukuran penuh, yang akan menjadi prototipe kendaraan yang akan diproduksi oleh situs fabrikasi Avealto di Inggris.

Sebelum Avealto, Walt Anderson mendirikan Mid-Atlantic Telecom, di mana ia menjabat sebagai Chairman & CEO hingga perusahaan diakuisisi oleh Frontier Communications seharga US$19 juta pada 1993. Berkantor pusat di Washington DC, Mid-Atlantic Telecom menciptakan dan mengoperasikan sebuah state-of -jaringan digital tercanggih untuk suara dan data di wilayah Atlantik Tengah. Walt mengawasi integrasi pesan suara perusahaan ke dalam sakelar telekomunikasi, menjadikan Mid-Atlantic Telecom organisasi pertama yang berhasil menawarkan fitur ini.

Walt Anderson adalah pengusaha serial terkenal, tapi itu bukan hanya karena Mid-Atlantic Telecom dan Avealto. Dia juga mendirikan banyak perusahaan telekomunikasi lain di awal karirnya, termasuk Esprit Telecom, Plc. (ESPRY – NASDAG & EASDAQ), yang memanfaatkan deregulasi telekomunikasi awal di negara-negara Uni Eropa dan dijual seharga US$985 juta pada tahun 1999, Telco Communication Group, Inc. (TCGZ – NASDAQ), yang menyediakan layanan “dial around” diskon melalui Amerika Serikat dan dijual seharga US$1 miliar pada tahun 1997, dan Erol’s Internet, penyedia internet dial-up terbesar di wilayah metropolitan Washington DC, yang dijual seharga US$35 juta tunai dan US$49 juta dalam bentuk saham pada tahun 1998.

Selain kontribusinya di sektor telekomunikasi, Walt Anderson adalah investor tahap awal di berbagai usaha luar angkasa swasta sepanjang tahun 1990-an hingga hari ini. Majalah New Scientist menobatkan Walt sebagai salah satu dari “Top 10 Pemikir Luar Angkasa yang Berpengaruh” atas pengaruhnya terhadap perkembangan luar angkasa. Dalam daftar ini adalah tokoh-tokoh terkemuka lainnya seperti Arthur C. Clarke, Sergei Korolev, dan James Webb. Satu tahun sebelumnya, Walt juga menerima Penghargaan Pendiri Space Frontier Foundation.

Salah satu usaha pertamanya di industri luar angkasa adalah mendirikan Universitas Luar Angkasa Internasional pada tahun 1988. Terletak di Strasbourg, Prancis, ISU didedikasikan untuk penemuan, penelitian, dan pengembangan luar angkasa untuk tujuan damai. Program studi luar angkasa internasional dan multidisiplin mereka membantu menciptakan pemimpin masa depan komunitas luar angkasa dunia. Walt Anderson tidak hanya mendanai inisiatif universitas, dia juga menawarkan nasihat dan bimbingan kepada Presiden dan Dewan Direksi Universitas selama enam tahun pertama operasi awal.

Walt adalah salah satu pemimpin pertama dalam mempromosikan pengembangan komersial luar angkasa, membuka jalan bagi ‘astropreneur’ saat ini. Dia percaya inisiatif ini lebih dari sekadar eksplorasi ruang angkasa, ini tentang menyelesaikan tantangan yang ada di Bumi saat ini dan bekerja menuju masa depan yang lebih baik bagi seluruh umat manusia. Walt Anderson juga merupakan salah satu pendukung terbesar Space Frontier Foundation selama tahap awal pengembangan mereka. Selain itu, ia menciptakan dan memberikan FINDS (Yayasan untuk Pengembangan Ruang Angkasa Non-Pemerintah) untuk mempromosikan pengembangan ruang berbasis pasar yang kompetitif. FINDS telah mendanai proyek-proyek penting seperti “Space Electrical Tether”, yang dapat mengurangi biaya peningkatan ketinggian untuk stasiun ruang angkasa orbit rendah, dan mensponsori CATS (Cheap Access to Space) Prize.

Salah satu investasi ruang angkasa paling terkenal  Walt Anderson adalah mendirikan MirCorp, yang dibentuk untuk menyewakan, merenovasi, dan mengoperasikan stasiun ruang angkasa Mir Rusia secara komersial. Walt bertanggung jawab untuk menegosiasikan pengaturan untuk memprivatisasi dan mengkomersialkan Mir. MirCorp mengawasi peluncuran swasta pertama ke stasiun ruang angkasa komersial dan berada di tengah-tengah perencanaan untuk ‘turis ruang angkasa’ pertama, Dennis Tito, ketika pemerintah AS secara ilegal mengganggu dan memaksa Badan Antariksa Rusia untuk memerintahkan de-orbit Mir ke Samudra Pasifik. Karena advokasi dan upaya Walt, bagaimanapun, NASA akhirnya menyelesaikan peluncuran Dennis Tito ke luar angkasa sebagai klien MirCorp, yang secara resmi menjadikannya Turis Luar Angkasa pertama di dunia.

Di luar upaya profesionalnya, Walt Anderson adalah seorang filantropis dan pendukung hak asasi manusia. Dia telah mendanai organisasi seperti Voters for Choice, yang mengadvokasi layanan aborsi legal dan dapat diakses untuk semua wanita dan kemudian bergabung dengan Planned Parenthood pada tahun 2004, dan Amnesty International. Dia juga menjadi sukarelawan untuk Feral Friends Network dan Alley Cat Allies, yang mempromosikan dukungan praktis dan pendidikan untuk perawatan kucing liar yang manusiawi. Walt juga menyukai seni surealis, novel fiksi ilmiah, dan perjalanan.